KORAN RIAU

Rabu, 27 Juni 2012

Bupati Meranti Panen Raya Bawal dan Kakap


Ilustrasi
Bupati Meranti Drs Irwan Nasir MSi,  Selasa (26/6) panen raya ikan bawal bintang dan kerapu serta kakap di keramba apung milik warga Desa Sialang Pasung, Rangsang Barat.Sebagai daerah dengan wilayah berpulau-pulau yang memiliki potensi laut yang besar, Kabupaten Kepulauan Meranti, menargetkan menjadi sentra perikanan di Provinsi Riau. Sehingga pemaksimalan potensi perikanan yang besar di daerah itu bisa terus dikembangkan setiap tahunnya.

Optimisme itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan Nasir MSi, saat panen raya ikan bawal bintang dan kakap di keramba apung di Desa Sialang Pasung, Kecamatan Rangsang Barat, yang menjadi program Dislutkan 2011 lalu. Menurutnya dari program keramba pada tahun 2011 lalu itu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Meranti, sangat berhasil dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

‘’Saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Sebab kerja keras kita sudah membuahkan hasil dan dapat dinikmati bersama. Uji coba proyek domestifikasi 2011 lalu, sebagai proyek percontohan sudah berhasil dan ini perlu kita kembangkan. Sehingga nantinya daerah kita bisa menjadi sentra perikanan di Riau,’’ kata Irwan.

Menurutnya, dengan pengembangan yang akan terus dilakukan setiap tahunnya dapat membantu masyarakat Meranti, khususnya yang saat ini berprofesi sebagai nelayan. Dengan begitu, para nelayan di Meranti yang saat ini mencari ikan dengan jaring apung bisa dialihkan menjadi nelayan budidaya.

‘’Kita akan coba setiap tahunnya nanti setiap keluarga melalui kelompok bisa mendapatkan bantuan peralatan budidaya. Apalagi hasilnya sangat menjanjikan dan sangat bagus dalam rangka meningkatkan perekonomian dan mengentaskan kemiskinan. Apalagi saat ini para pembudidaya kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar. Jika nantinya seluruh nelayan di Meranti beralih ke budidaya, maka potensi ikan tersebut dapat menjawab permintaan ekspor yang saat ini sangat besar dan belum terpenuhi,’’ optimis Irwan.

Ditegaskannya, untuk tahun 2012 ini melalui Dislutkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, akan memprogramkan kembali budidaya ikan tersebut. Bahkan Meranti juga berhasil mendapatkan bantuan program budidaya tersebut dari Kementerian Kelautan.

‘’Tahun ini kita kembali memprogramkan sebanyak 39 unit keramba apung. Sebanyak 25 unit dari bantuan pusat dan sebanyak 14 unit dari Pemkab Meranti yang dialokasikan melalui APBD 2012. Ini akan kita kelola sebaik-baiknya serta bisa kita bagi-bagikan kepada masyarakat nelayan,’’ terangnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Meranti Ir Ramli menyebutkan, panen raya kemarin menjadi bukti suksesnya pelaksanaan program budidaya ikan melalui keramba apung yang dilakukan masyarakat melalui kelompok. Dan sesuai dengan arahan Bupati, program ini akan terus diusulkan setiap tahunnya dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan.

‘’Ini akan menjadi program kami setiap tahunnya. Secara kontinyu program ini akan terus kita ajukan dan berikan kepada masyarakat nelayan melalui kelompok,’’ kata Ir Ramli.

Pada kesempatan yang sama, Kades Sialang Pasung, Abdul Manaf Yunus mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Sialang pasung di bidang perikanan tahun 2011 lalu. Total pembangunan di sektor perikanan oleh Pemkab Meranti melalui Dislutkan sebesar lebih kurang Rp2 M lebih.

‘’Mudah-bantuan ini tepat guna dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sini. Sebanyak lebih kurang 220 masyarakat Sialang Pasung yang menggantungkan hidupnya di sektor perikanan, kita harapkan program tersebut dapat terus berlanjut setiap tahunnya,’’ kata Abdul Manaf.

Dalam panen raya kemarin, Bupati juga didampingi Ketua TP PKK Kepulauan Meranti Nirwanasari Irwan SE, KadisperindagkopUKM Drs Syamsuar Ramli, Kepala BLH Bambang Suprianto dan lainnya. Rombongan yang disambut Camat Rangsang Barat Joko Selamat SH, Kapolsek Rangsang Barat Ipda Agus Jiwandono itu juga disugukan ikan segar dari keramba yang dikelola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar